Kisi-Kisi Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas XII

Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabbarokatu


1.Perbedaan Novel sejarah dengan Teks sejarah?

Jawab:

Perbedaan :
1. Sejarah merupakan suatu hal yang benar terjadi, sedangkan novel merupakan kisah fiktif
2. Sejarah dijadikan sebagai ilmu pengetahuan di sekolah formal, sedangkan novel hanya sebagai media hiburan saja
3. Sejarah menyangkut suatu kehidupan kelompok yang mepengaruhi  / menyangkut kehidupan negara / dunia, sedangkan novel hanya menyangkut imajinasi terutama percintaan (romansa)

2.Nilai-Nilai Novel Sejarah?

Jawab:

1. Nilai moral (Nilai yang yang dapat memberikan atau memancarkan petuah atau ajaran yang berkaitan dengan etika atau moral.  
2. Nilai Budaya (Nilai yang dapat memberikan atau mengandung hubungan yang mendalam dengan suatu masyarakat, peradaban, atau kebudayaan.
3. Nilai Sosial (Nilai yang berkaitan dengan tata pergaulan antara individu dalam masyarakat)  
4. Nilai Ketuhanan (Religi) – (Nilai-nilai dalam cerita yang berkaitan dengan atau bersumber pada nilai-nilai agama)  

3.Struktur Teks Novel Sejarah?

Jawab:


Struktur Novel Sejarah atau Cerita Sejarah

Novel sejarah adalah novel yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan, bisa bersifat naratif atau deskriptif, dan disajikan dengan daya khayal pengetahuan yang luas dari pengarang.

Sruktur Teks Cerita/Novel Sejarah

1. Pengenalan situasi cerita (ekspostion, orientasi)

Dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.

2. Pengungkapan peristiwa

Dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.

3 Menuju konflik (rising action).

Terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh

4. Puncak konflik (turning point, komplikasi)

Bagian ini disebut pula sebagai klimaks. Inilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan. Pada bagian ini pula, ditentukannya perubahan nasib beberapa tokohnya. Misalnya, apakah dia kemudian berhasil menyelesaikan masalahnya atau gagal.

5. Penyelesaian (Evaluasi, resolusi)

Sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak itu. Pada bagian ini pun sering pula dinyatakan wujud akhir dari kondisi ataupun nasib akhir yang dialami tokoh utama.

6. Koda

Bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. Komentar yang dimaksud bisa disampaikan langsung oleh pengarang atau dengan mewakilkannya pada seorang tokoh. Hanya saja tidak setiap novel memiliki koda, bahkan novel-novel modern lebih banyak menyerahkan kesimpulan akhir ceritanya itu kepada para pembacanya. Mereka dibiarkan menebak-nebak sendiri penyelesaian ceritanya.

4.-Kalimat bermakna lampau?
   -Kaidah Kebahasaan Novel Sejarah?

Jawab:


-Kalimat Bermakna Lampau;
1) Beberapa saat yang lalu telah terjadi kecelakaan di Jalan Adisucipto.
Penanda waktu : Beberapa saat yang lalu
2) Perampokan rumah mewah di kawasan tersebut terjadi kemarin sekitar pukul 02.00.
Penanda wajtu : kemarin
3) Dibukanya jalan tol Brexit menimbulkan banyak korban dua tahun yang lalu.
Penanda waktu : dua tahun yang lalu

-Jawaban Kaidah kebahasaan ada di No 4 Rangkuman.

5.Makna Kias Dan Makna Peribahasaan?

Jawab:

-Makna Kiasan
Makna kiasan atau makna kias digunakan sebagai kebalikan dari makna sebenarnya (Chaer, 2002). Makna kias adalah makna suatu satuan bahasa yang bukan makna sebenarnya (leksikal, konseptual, dan denotatif). Harimurti (dalam Pateda, 2001) juga mengemukakan bahwa makna kiasan adalah pemakaian satuan yang maknanya tidak sebenarnya.

-Makna Peribahasaan
Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud, keadaan seseorang, atau hal yang mengungkapkan kelakuan, perbuatan atau hal mengenai diri seseorang. Peribahasa mencakup ungkapan, pepatah, perumpamaan, ibarat, tamsil. ... Kalimat yang dipakai biasanya mengesankan dan memiliki arti yang luas.



Semoga Bermanfaat.

"JANGAN LUPA FOLLOW MY AKUN,DAN BERI SARAN&KRITIK DI KOLOM KOMENTAR,AGAR PENULIS DAPAT MENJADI LEBIH BAIK LAGI DALAM PENGETIKAN"

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Pola Hidup Sehat Sehari-Hari"